Rabu, 07 Maret 2012

How Do We Connected to Internet?


     Pertama kali sebelum kita terhubung ke internet dan mengakses WWW (World Wide Web), terlebih dahulu kita harus mempunyai peralatan yang dibutuhkan untuk dapat terhubung kedalam jaringan internet termasuk dengan penyedia layanan internet (Internet Service Provider) tersebut. Peralatan tersebut antara lain:

1.  Komputer (Personal Computer),
2. Modem dan akses saluran telepon atau jaringan local (LAN) yang  akan terhubung ke internet.
3.  Software yang akan dapat membantu kita untuk membuat account dan dapat mengakses internet.

     Dalam hal mengoperasikan web browser saat ini, kita harus mempunyai komputer (PC) yang setara, RAM yang besar dan ruang disk yang mencukupi. Kita juga dapat terhubung ke internet melalui LAN (Local Area Network). Namun jika kita mengakses internet di luar LAN maka kita membutuhkan yang namanya modem, dan modem tersebut lah yang akan menghubungkan kita dengan komputer lain sehingga data dapat dikirim secara bolak balik.
     
    Dan untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pastikan bahwa sistem operasi pada komputer kita up-to-date. Agar koneksi pada komputer kita selesai maka kita membutuhkan software yang dapat menjalakan koneksi komputer kita kepada penyedia akses internet, membuat account, dan bekerja dengan data secara langsung. Ada beberapa penyedia akses internet untuk membuat interface (antarmuka) protocol line (Slip) atau point-to-point protocol (PPP) koneksi. Koneksi SLIP atau PPP dapat memungkinkan untuk menjalankan paket perangkat lunak independen seperti Web Browser.

     Ada beberapa browser menggunakan protocol khusus untuk menawarkan fitur tambahan diluar kemampuan standar HyperText Markup Language (HTML) yaitu browser Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer. Browser Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer dapat memungkinkan untuk penggunaan plug-in (aplikasi software tambahan yang seolah-olah merupakan bagian integral dari browser tersebut).

   Pada saat ini terdapat dua metode untuk mengakses internet adalah melalui koneksi jaringan yang memungkinkan pengguna memakai LAN (Local Area Network) untuk online dan koneksi dial-up melalui jalur modem dan telepon.

     Kabel Internet-Sistem ini memungkinkan komputer kita untuk menghubungkan ke Internet melalui kabel yang sama yang membawa sinyal TV kita. Biaya layanan bulanan biasanya tidak lebih dari biaya koneksi modem standar, tetapi kita harus menyewa atau membeli "modem kabel." Selain itu, komputer kita akan memerlukan sebuah kartu Ethernet (papan sirkuit khusus yang memungkinkan untuk koneksi jaringan). 
Integrated Services Digital Network (ISDN)-Sebuah saluran ISDN adalah jenis saluran telepon digital yang dapat mengirimkan data banyak kali lebih cepat dari modem dan saluran telepon konvensional. 
Wireless koneksi-Pager, telepon selular dan personal digital assistant (PDA) sekarang memungkinkan berbagai tingkat akses Internet, dari pemberitahuan e-mail ke koneksi Web yang terbatas.


1 komentar: